facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Buaya 5 Meter yang Sempat Terkam Warga Indragiri Hilir Berhasil Ditangkap

Eko Faizin Senin, 21 Februari 2022 | 13:19 WIB

Buaya 5 Meter yang Sempat Terkam Warga Indragiri Hilir Berhasil Ditangkap
Seekor buaya dievakuasi tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Indragiri Hilir. [Ist]

Buaya tersebut kemudian dievakuasi ke Mako Damkar Indragiri Hilir Jalan SKB Tembilahan sambil menunggu kedatangan BBKSDA Riau.

SuaraRiau.id - Seekor buaya dengan panjang 5,2 meter berhasil ditangkap tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Indragiri Hilir pada Sungai Piyai, Minggu (20/2/2022).

Buaya tersebut kemudian dievakuasi ke Mako Damkar Indragiri Hilir Jalan SKB Tembilahan sambil menunggu kedatangan BBKSDA Riau.

Evakuasi terhadap satwa tersebut dilakukan karena permintaan warga setempat. Berawal Kepala Desa Sungai Piyai mengirim surat ke Bupati HM Wardan terkait keresahan masyarakat tentang adanya buaya yang sudah mengancam jiwa manusia.

Buaya tersebut sebelumnya sempat menyerang Nurlela warga Desa Sungai Piyai, Kecamatan Kuindra, Indragiri Hilir.

Beruntung, korban berhasil menyelamatkan diri meski mengalami luka robek di tangan dan kakinya.

Nurlela diseret dengan buaya tersebut saat Nurlela mengambil air di sungai. Sempat ada perlawanan dari Nurlela. Akhirnya Nurlela terluka dengan 24 jahitan, di bagian punggung, tangan dan kaki.

Kepala Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Eddiwan Shasby mengatakan operasi evakuasi yang dilakukan Tim TRC Dinas Damkar tidak mengalami kendala.

"Proses evakuasi berjalan lancar dan baik, semua anggota dalam keadaan baik. Hanya keletihan dalam melaksanakan tugas, dan itu sudah terbayarkan dengan keberhasilan penangkapan buaya itu," kata Eddi, Senin (21/2/2022).

Eddi pun mengimbau kepada masyarakat sekitar lokasi evakuasi buaya tersebut, agar tetap berhati-hati dan selalu waspada. Sebab, kata dia, tidak tertutup kemungkinan masih ada buaya lainnya di sungai tersebut.

"Ada beberapa kemungkinan buaya bisa berada di permukiman masyarakat. Seperti kondisi cuaca musim penghujan dan air pasang sangat berpengaruh, habitat buaya terganggu. Bisa juga buaya mencari makan atau mangsa yabg ada sumber makanan. Kemungkinan lain buaya mencari tempat bertelur," jelasnya.

Komentar

Berita Terkait