alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

DPRD Riau Bikin Pansus Atasi Konflik Lahan Perkebunan dan Masyarakat

Eko Faizin Jum'at, 08 Oktober 2021 | 18:45 WIB

DPRD Riau Bikin Pansus Atasi Konflik Lahan Perkebunan dan Masyarakat
Ilustrasi konflik lahan. (Antara)

Mardianto mencontohkan salah satunya yang terjadi antara masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi dengan perusahaan Duta Palma.

SuaraRiau.id - Konflik lahan perkebunan yang melibatkan masyarakat dan perusahaan kerap terjadi di Riau. Terkait itu, DPRD Riau berencana membentuk panitia khusus (pansus) untuk penyelesaian sengketa lahan.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan menyebutkan mayoritas sesama anggota legislatif telah menyetujui hadirnya pansus nanti.

"Perkembangan baiknya, Wakil Ketua Syafaruddin Poti mengajak membuat panitia khusus. Singkat cerita kami buat surat persetujuan bersama setengah plus satu untuk membentuk pansus. Ini sudah diteken, kami sudah dapat dukungan," kata Mardianto dikutip dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Nantinya, dengan adanya pansus ini diharapkan dapat menjadi jalan untuk menyelesaikan konflik lahan terutama dengan korporasi.

Mardianto mencontohkan salah satunya yang terjadi antara masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi dengan perusahaan Duta Palma.

"Kami akan bentuk pansus untuk sengketa lahan, tidak hanya Duta Palma. Kalau sudah ada pansusnya lebih leluasa kiami memanggil, mencari fakta dan data," ujar dia.

Lebih lanjut, Mardianto menyebut perlu menyinkronkan terlebih dahulu dengan panitia khusus konflik lahan yang juga pernah dibentuk di periode lalu.

"Karena masalah lahan ini sudah ada datanya di periode sebelum kami. Tinggal menyinkronkan saja," tuturnya.

Menurut Mardianto, kasus-kasus konflik lahan ini perlu diuraikan satu persatu, sehingga tidak menumpuk dan malah mempersulit penyelesaiannya.

"Ke depan kasus-kasus konflik lahan harus kita tuntaskan ini, jangan sampai ini jadi ternak konflik. Kasusnya sudah sepuluh dua puluh tahun, panennya hari ini," kata dia pula.

Sebelumnya, Mardianto Manan sempat meminta kepada forkompinda pada sidang paripurna DPRD Riau untuk menyelesaikan konflik lahan antara masyarakat Desa Siberakun, Kuantan Singingi yang berkonflik dengan Duta Palma. (Antara)

Komentar

Berita Terkait