alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cantik dan Bersahaja, Foto Jadul Putri Keraton Ini Curi Hati Netizen

Eliza Gusmeri Selasa, 28 September 2021 | 16:30 WIB

Cantik dan Bersahaja, Foto Jadul Putri Keraton Ini Curi Hati Netizen
Foto Jadul Gusti Nurul. (Instagram/ potolawasofficial)

Akun fanspage @potolawasofficial membagikan foto jadul seorang perempuan, berparas manis dan berpenampilan bersahaja.

SuaraRiau.id - Cantik dan bersahaja, foto jadul seorang Putri Keraton curi hati netizen. Sebuah foto jadul yang menampilkan sebuah aura kecantikan seorang putri keraton tersebut viral di media sosial.

Akun fanspage @potolawasofficial membagikan foto jadul tersebut. Ternyata sosok di dalam foto tersebut diketahui bernama Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau akrab disebut sebagai Gusti Noeroel (Gusti Nurul).

Dikutip dari Wikipedia, Gusti Noeroel adalah putri tunggal dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII dan permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu Timoer.

Ayah dari Gusti Noeroel merupakan seorang ningrat dari Solo yang beristrikan putri dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Ibu Gusti Noeroel adalah puteri ke-12 Sultan Hamengku Buwono VII dari permaisuri ketiga, G.K.R. Kencono.

Baca Juga: Catat! Resep Jamu untuk Perawatan Rambut dan Melangsingkan Tubuh Ala Putri Keraton

Akun fanspage @potolawasofficial membagikan foto hitam putih Gusti Nurul dan versi lain yang telah diwarnai oleh akun @kangope. Terdapat pula video Gusti Nurul saat sedang menari diiringi oleh musik dari gendhing Jawa.

Foto terkait Gusti Nurul diketahui tersimpan rapi di KITLV Leiden University. Berdasarkan keterangan dari arsip online di Leiden University, foto yang menampakkan Gusti Nurul di depan mikrofon diambil sekitar tahun 1940.

"Goesti Raden Adjeng Siti Noeroel Koesoemowardani, putri Mangkoe Nagoro VII, berbicara di depan mikrofon pemancar Solosche Radio Vereniging di Soerakarta pada usia 18 tahun," tulis keterangan pada arsip online di Leiden University.

Tak hanya netizen zaman now yang terpesona oleh Gusti Nurul, namun beberapa petinggi negeri ini juga pernah terpikat oleh gadis cantik tersebut.

Konon Sutan Sjahrir hingga Bung Karno pernah jatuh hati pada Gusti Nurul. Meski begitu, putri bangsawan tersebut akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang militer berpangkat letnan kolonel yang bernama RM Soerjo Soejarso.

Baca Juga: Putri Keraton Jogja Disebut Kampungan, Ternyata Dari Lulus SD Sudah Sekolah di Luar Negeri

Masih belum diketahui terkait tahun berapa video tersebut direkam. Namun penampilan Gusti Nurul itu nampak lebih muda dibandingkan foto yang beredar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait