alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Karhutla Kembali Terjadi di Riau, Ini Kata Gubernur Syamsuar

Eko Faizin Jum'at, 23 Juli 2021 | 22:16 WIB

Karhutla Kembali Terjadi di Riau, Ini Kata Gubernur Syamsuar
Ilustrasi Karhutla. [Suara.com/Alfat Handri]

Syamsuar menyebut penanganan karhutla tetap menjadi perhatian khusus dari Pemprov Riau.

SuaraRiau.id - Tim pemadam gabungan telah berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Riau yang luasnya mencapai 100 hektare.

Lokasi karhutla tersebut berada di Bukit Suligi, yakni di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Pemadaman dilakukan dengan 61 kali water bombing.

"Karhutla tetap menjadi penanganan kita, dan kami tetap memonitor api hingga masih terlihat nyala dibeberapa titik lokasi tapi itu tetap dipadamkan dan sudah dalam upaya pendinginan oleh Satgas bersama DLHK Riau yang kini masih berada di lokasi itu," ujar Gubernur Riau Syamsuar dilansir dari Antara, Jumat (23/7/2021).

Syamsuar menyebut penanganan karhutla tetap menjadi perhatian khusus dari Pemprov Riau, bersama Satgas TNI/Polri, dan pemerintah pusat, agar Karhutla Riau tidak meluas.

Karhutla di Bukit Suligi, di Rohul kata Syamsuar lagi, sesuai laporan sudah padam, tinggal upaya pendinginan terus dilakukan oleh Satgas dan TNI/Polri dan MPA.

"Karhutla yang terjadi di Riau ini, sebagian besar dilakukan oleh orang yang akan membuka lahan perkebunan baru. Namun seluruh kasus Karhutla di Riau tetap ditangani oleh penegak hukum, dalam menyelidiki kebakaran hutan. Syamsuar pun menghimbau kepada masyarakat untuk membuka lahan sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujar Syamsuar.

"Harapan kami kepada masyarakat, jika membuka lahan harus sesuai prosedur jika melanggar akan ditangani oleh penegak hukum di lapangan," ujar dia. (Antara)

Komentar

Berita Terkait