alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lampu Colok Bentuk KRI Nanggala 402 untuk Kenang Kru yang Gugur

Eko Faizin Minggu, 09 Mei 2021 | 11:32 WIB

Lampu Colok Bentuk KRI Nanggala 402 untuk Kenang Kru yang Gugur
Lampu colok di Bengkalis berbentuk KRI Nanggala-402 sebagai bentuk penghormatan kepada kru yang gugur. [Facebook/Boriel]

Lampu colok berbentuk kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali.

SuaraRiau.id - Pemuda di Kabupaten Bengkalis membuat lampu colok berbentuk unik. Tradisi ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan pada malam 27 Ramadhan.

Biasanya, hiasan festival lampu colok selalu identik dengan bentuk masjid, tapi kali ini justru berbeda.

Pemuda di Dusun II Desa Sungai Batang, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis membuat lampu colok berbentuk kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali, baru-baru ini.

Pemuda setempat, Boriel mengungkapkan bahwa lewat lampu colok yang dibuat bersama rekan-rekannya ini sembari mendoakan agar awak kapal yang gugur tersebut dapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

"Karena cuma doa dan ini (lampu colok KRI Nanggala) yang bisa kami persembahkan, untuk mengenang kapal dan awak kapal yang telah gugur di perairan Bali," kata Boriel, Minggu (9/5/2021).

Lewat lampu colok berbentuk kapal selam itu, Boriel berharap semua warga dapat mengingat dan mendoakan pahlawan yang gugur dalam bertugas tersebut

"Tujuan kita, untuk mengingat pahlawan kita yang gugur dalam kapal Nanggala 402," tuturnya.

Di samping itu, warga setempat juga antusias menyaksikan persembahan para pemuda tersebut.

Lampu colok berbentuk kapal selam KRI Nanggala 402 ini merupakan satu-satunya yang dibuat oleh warga di Bengkalis. Lampu colok lain, masih identik dengan bentuk-bentuk masjid yang memukau.

Bahkan, foto lampu colok KRI Nanggala tersebut juga dibagikan di grup-grup Facebook, hingga viral.

Warga net juga mengapresiasi kreativitas para pemuda di Bengkalis tersebut. Bahkan mereka juga mendoakan agar awak kapal mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

"Alfatihah, mantap," ucap akun Eva Eva.

"Alfateha buat rekan-rekanku 402, terima kasih buat persembahan masyarakat bengkalis untuk replika kapal selam 402," tulis Andi Jarot.

"Simpel, tapi bermakna," komentar akun Jasman.

Seperti yang diketahui, kapal selam KRI Nanggala 402 hilang kontak saat menggelar latihan di perairan Bali beberapa waktu lalu. Selang beberapa hari, kapal tersebut dinyatakan tenggelam dan 53 awak meninggal dunia.

Kontributor : Panji Ahmad Syuhada

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar

Berita Terkait