alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kinerja Tak Sesuai, Menteri-menteri Ini Diprediksi Bakal Kena Reshuffle

Eko Faizin Jum'at, 16 April 2021 | 15:52 WIB

Kinerja Tak Sesuai, Menteri-menteri Ini Diprediksi Bakal Kena Reshuffle
Presiden Joko Widodo (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretarian Presiden)

Karena, menurut Hendri, ciri-cirinya sudah mudah terbaca sejak periode pertama kepemimpinan Jokowi.

SuaraRiau.id - Kabar reshuffle menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) kian memanas. Jokowi dijadwalkan bakal melakukan reshuffle dalam waktu dekat.

Pengamat politik Hendri Satrio mengungkapkan bahwa sebenarnya masyarakat sudah bisa menebak siapa saja menteri yang akan dicopot Jokowi.

Karena, menurut Hendri, ciri-cirinya sudah mudah terbaca sejak periode pertama kepemimpinan Jokowi.

“Ciri-cirinya sudah bisa terbaca dari periode pertama, biasanya yang paling mudah adalah yang paling kontroversial di publik. Terus yang kedua, yang sering ditegur oleh Jokowi secara langsung,” kata Hendri Satrio di Dua Sisi, dikutip Hops.id--jaringan Suara.com, Jumat (16/4/2021).

Ia mencontohkan beberapa kasus terkait para menteri Jokowi tersebut.

“Misal yang kasus impor beras, ketersediaan pupuk, kemudian tentang tenaga kerja, banyak macam-macam juga.” ujar Hendri.

Lebih lanjut, kata dia, ada juga menteri yang tidak ditegur tetapi mengundang kontroversi. Seperti yang mempersepsikan adanya money politics saat pemilihan Ketua Kadin. Ini tentu juga akan dipertimbangkan oleh Jokowi.

“Dia (Jokowi) kerennya, kalau kita nebak biasanya suka salah. Seperti kalau Ali Ngabalin (tenaga ahli KSP) bilang minggu (reshuffle) pasti akan diganti momennya. Dia itu leader, yang ingin dipersepsikan kalau ini adalah pikiran saya. Bukan seperti apa yang dikatakan Ngabalin,” tuturnya.

Sementara itu, menurut pengamat politik dari Al Azhar Ujang Komarudin ada dua nama menteri yang dianggap bakal kena reshuffle.

“Mohon maaf, dari 0 sampai 100, saya bisa kasih nilai 50. Di tengah darurat corona belum ada yang kinclong, dan hasil survei Oktober tahun lalu juga nilainya segitu,” katanya di kesempatan yang sama.

Komentar

Berita Terkait