facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Lebat Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Termasuk Riau

Eko Faizin Senin, 29 Maret 2021 | 10:02 WIB

Hujan Lebat Bakal Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Termasuk Riau
Ilustrasi hujan - [Pixabay/StockSnap]

Sirkulasi siklonik juga terpantau di perairan barat Pulau Mentawai hingga pesisir timur Riau dan Jawa bagian tengah.

SuaraRiau.id - Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia, Senin (29/3/2021).

BMKG menyampaikan bahwa hujan lebat disertai kilat serta angin kencang berpotensi mengguyur wilayah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Selain itu, wilayah Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga menghadapi potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Dilansir dari Antara, BMKG dalam ikhtisar cuaca hariannya menyampaikan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di perairan utara Maluku Utara dan membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang di Sulawesi Tengah bagian utara hingga perairan utara Papua Barat.

Sirkulasi siklonik lain terpantau di Laut Banda. Sirkulasi siklonik itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Selatan bagian tengah hingga perairan barat daya Papua.

Menurut ikhtisar BMKG, sirkulasi siklonik juga terpantau di perairan barat Pulau Mentawai hingga pesisir timur Riau dan Jawa bagian tengah. Sirkulasi siklonik di Jawa bagian tengah membentuk daerah konfluensi yang memanjang dari Nusa Tenggara Barat hingga perairan selatan Jawa Tengah.

Kondisi tersebut, menurut BMKG, mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi. (Antara)

Komentar

Berita Terkait