alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Abu Janda Sebut Islam Arogan, Gus Sahal dan Warganet Murka

Eko Faizin Kamis, 28 Januari 2021 | 10:12 WIB

Abu Janda Sebut Islam Arogan, Gus Sahal dan Warganet Murka
Permadi Arya alias Abu Janda seusai membuat laporan di Bareskrim Polri. (Suara.com/Arga).

Menurut Gus Sahal, Abu Janda salah sebab mengeneralisasi Islam.

SuaraRiau.id - Ungkapan Permadi Arya atau Abu Janda kini menuai kritik gara-gara menyebut Islam arogan. Pernyataan Abu Janda pun ditanggapi Pengurus Cabang Istimewa NU Amerika Serikat, Akhmad Sahal atau Gus Sahal.

Menurut Gus Sahal, Abu Janda salah sebab mengeneralisasi Islam. Padahal yang menolak kebaya, wayang dan sedekah laut bukan agama Islam tapi sebagian kelompok muslim saja.

Saking emosinya, Gus Sahal bereaksi dengan kicauan Abu Janda. Sahal mengakui memang ada sebagian muslim yang menolak tradisi lokal nusantara. Namun itu bukan karena Islamnya tapi sikap dari pemeluk Islam saja. Nggak bisa jadi patokan bahwa Islam itu arogan.

Dia mencontohkan, ada yang menolak sedekah laut tapi tradisi keagamaan NU malah nggak menolak kearifan lokal tersebut.

“Twit @permadiaktivis1 yg bilang Islam sbg arogan ini ngaco banget. Memang ada aliran Islam tertentu yg haramkan tradisi lokal, tp muslim yg menentang aliran tsb banyak sekali. Paham keislaman NU justru sangat ramah dgn tradisi lokal. Menyebut Islam argoan itu koplak!” jelas Gus Sahal di Twitter dikutip dari Hops.id--jaringan Suara.com, Rabu (27/1/2021).

Kolom komentar postingan Gus Sahal itu dipenuhi balasan dari warganet. Rata-rata mereka resah dengan kelakuan Abu Janda tersebut.

Akhmad Sahal atau Gus Sahal dalam Video YouTube Cokro TV (YouTube/CokroTV).
Akhmad Sahal atau Gus Sahal dalam Video YouTube Cokro TV (YouTube/CokroTV).

Malahan sebagian warganet berkomentar, agar NU menertibkan Abu Janda. Sebab selama ini Abu Janda mengaku-ngaku sebagai bagian dari NU dan Banser.

“Abu Janda jg sangat Rasisme… NU harus bertindak tegas ke Abu Janda,” kata sebuah akun.

Ada pula yang meminta Gus Sahal untuk meminta pengurus struktural NU agar tak memberi tempat bagi Abu Janda sebab memalukan komentarnya.

“Mohon mas Sahal ikut menghimbau utk NU dan banomnya tdk memberi panggung orang seperti itu, tidak jelas komitmen NU-nya dan malah berseberangan dengan pemahaman Nahdliyyin,” balas akun lain.

Komentar

Berita Terkait