alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Potret Bungkus Tempe Bertuliskan Bahasa Arab, Bikin Warganet Terbelah

Fitri Asta Pramesti | Hiromi Kyuna Rabu, 13 Januari 2021 | 20:39 WIB

Potret Bungkus Tempe Bertuliskan Bahasa Arab, Bikin Warganet Terbelah
Ilustrasi tempe

Bungkus tempe ini membuat warganet berdebat

SuaraRiau.id - Potret sebuah tempe belakangan mencuri pehatian hingga membuat warganet berdebat lantaran terbungkus dengan kertas bertuliskan kalimat dalam bahasa Arab

Tempe berbalut kertas berwarna putih ini viral setelah dibagikan melalui akun Instagram @igtainmenttt belum lama ini. 

Awalnya, si pemilik tempe curhat bahwa ia merasa tak setuju dengan sikap pembuat tempe yang menggunakan kertas berbahasa Arab untuk membungkus makanan yang terbuat dari kedelai tersebut. 

Meski bukan lembar Al-Quran, pengunggah foto ini merasa hal ini tak layak dilakukan. Ia tampak kecewa dengan hal ini.

Baca Juga: Jokowi Singgung Permasalahan Tahu dan Tempe

"Pas mau goreng tempe, aku lihat 3 bungkus tempe ini di kertas bertuliskan huruf Arab. Kok nggak ngotak sih yang bungkus. Meskipun bekas LKS tapi nggak ngasal gitu juga caranya," ujar warganet ini pada WhatsApp Story yang ia unggah.

Tempe dibungkus kertas bertuliskan bahasa Arab (Instagram @igtainmenttt)
Tempe dibungkus kertas bertuliskan bahasa Arab (Instagram @igtainmenttt)

Ia tampak kecewa dengan hal ini. Namun sejumlah orang memiliki pendapat yang berbeda dengan warganet tersebut.

"Baris pertama 'dari waktu setengah jam'. Baris kedua ; 'di atas pintu'. Jadi itu bukan Al Qur'an neng cuma kertas biasa," ujar warganet lainnya tentang hal ini.

Akun Instagram @igtainmenttt pun menanyakan pendapat warganet tentang hal ini. "Hmmm siapa yang salah? Si penjual tempe yang pake kertas LKS Bahasa Arab, atau si pembuat status?" tanya akun ini pada para pengikutnya.

Warganet lainnya pun ikut mengomentar tentang bungkus tempe tersebut. Banyak yang mencoba menjelaskan tentang hal ini.

Baca Juga: Sejumlah Pabrik Tahu Tempe Kembali Produksi

"Makanya kita harus ngaji dari kecil. Biar tau mana ayat Al-Quran atau hadist. Jadi bisa bedain yang hanya koran atau tabloid bahasa Arab," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya pun turut mengomentari hal ini. "Stop mengislamkan sesuatu yang berbau Arab. Nggak semuanya yang berbau Arab pasti ada sangkut pautnya sama Islam," ujar warganet ini.

"Ditakutkan di lembar soal bahasa Arab ada potongan ayatnya. Jadi si mbak upload status itu juga nggak salah. Berhati-hati emang baik walau tidak diperbolehkan berlebihan," ungkap warganet lainnya yang mencoba memahami orang pengunggah foto tempe tersebut.

Sementara itu, unggahan ini sudah disukai hingga lebih dari 1,7 ribu akun Instaram hingga Selasa (12/1/2020). Bagaimana pendapatmu tentang ini?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait