facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

SM Amin Diberi Gelar Pahlawan, Begini Kata Gubri

Eko Faizin Selasa, 10 November 2020 | 11:15 WIB

SM Amin Diberi Gelar Pahlawan, Begini Kata Gubri
Sutan Muhammad Amin Nasution (SM Amin). [Dok Riauonline/Istimewa]

SM Amin meninggal pada 16 April 1993 di usia 89 tahun. Jenazahnya dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

SuaraRiau.id - Pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini, almarhum Sutan Muhammad Amin Nasution (SM Amin) secara resmi mendapat gelar pahlawan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Diberikannya gelar tersebut atas perjuangan yang telah diberikan saat menjabat sebagai Gubernur pertama di Sumatera Utara (Sumut) dan Riau.

SM Amin pernah tercatat sebagai orang nomor satu di Sumut dan Riau. Namun, ia ternyata lahir di Tanah Rencong, Aceh, tepatnya di Lhoknga, Aceh Besar, pada 22 Februari 1904.

SM Amin meninggal pada 16 April 1993 di usia 89 tahun. Jenazahnya dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

"Terimakasih kepada bapak Presiden RI, Joko Widodo yang telah memberikan gelar pahlawan kepada putra daerah Riau. Kami atas nama Forkopimda Riau dan seluruh komponen mengucapkan rasa syukur atas gelar pahlawan alamarhum SM Amin," ucap Gubernur Riau, Syamsuar kepada Riauonline.co.id kepada Suara.com, Selasa (10/11/2020).

"Semoga beliau (SM Amin) ditempatkan di sisi Allah dan perjuangannya dinilai ibadah oleh Allah SWT serta menjadi teladan bagi bangsa," tambahnya.

Syamsuar juga menjelaskan masih banyak pahlawan bangsa yang tengah berjuang di negeri ini khususnya di Provinsi Riau.

"Semoga dengan semangat Hari Pahlawan 10 November ini, akan banyak putra putri bangsa berjuang membela tanah air ini," ucapnya.

Sebelumnya diketahui, Gubri yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Pahlawan Nasional di TMP Kusuma Dharma.

Turut dihadiri oleh Wagubri, Danrem 031/Wira Bima, Danlanal Dumai, Danlanud AU Roesmin Nurjadin, Kapolda Riau, dan Forkopimda Provinsi Riau.

Kegiatan tersebut diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga yang dilakukan oleh peserta ziarah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait