Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fantastis! Jenis Cupang Ini Harganya Capai Puluhan Juta

Eko Faizin Sabtu, 26 September 2020 | 17:00 WIB

Fantastis! Jenis Cupang Ini Harganya Capai Puluhan Juta
Deretan ikan cupang di sentra promosi ikan hias Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. (Suara.com/Muslimin)

Ikan cupang kachen worachai ini menjadi rekor penjualan ikan cupang termahal di dunia.

SuaraRiau.id - Ikan cupang (Betta sp) akhir-akhir ini sedang booming. Cupang merupakan salah satu ikan hias yang memiliki kecantikan luar biasa. Ikan ini terkenal dengan karena keindahan tubuhnya dan kemudahan memeliharanya.

Selain itu, ikan ini juga sangat mudah dipelihara dan sangat mudah ditemukan di daerah Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Pasalnya, ikan cupang merupakan spesies ikan tropis yang hidup di rawa-rawa dengan ukuran tubuh hanya mencapai 5 cm saja.

Dengan karakternya yang tangguh maka ikan cupang dapat dipelihara walau hanya di dalam toples dan tanpa menggunakan peralatan khusus lainnya.

Ikan cupang akan tetap dapat bertahan hidup di dalamnya karena memiliki alat pernafasan tambahan yang disebut dengan labirin (labyrinth).

Alat pernafasan tambahan ini berfungsi untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Dengan demikian mampu bertahan hidup meski dalam kondisi kekurangan oksigen.

Karena ikan cupang merupakan spesies ikan tropis jadi mereka tidak bisa hidup di suhu yang sangat rendah, mereka akan mati jika suhunya terlalu rendah.

Maka sebaiknya ikan cupang ditempatkan di tempat yang cukup hangat.

Meskipun bentuk yang kecil, namun harga ikan cupang bisa menyamai bahkan melebihi harga ikan hias yang berukuran besar.

Nah, berikut adalah tiga jenis ikan cupang yang mahal harganya:

Komentar

Berita Terkait