Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mati Misterius, Kambing Milik Warga Diduga Dimangsa Harimau Sumatera

Chandra Iswinarno Jum'at, 25 September 2020 | 14:31 WIB

Mati Misterius, Kambing Milik Warga Diduga Dimangsa Harimau Sumatera
Seekor kambing diterkam satwa liar di Jorong Cubadak Lilin, Nagari Tigo Bala, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Kamis (24/09/2020). Dugaan sementara, kambing milik warga ini diterkam Harimau Sumatra. [Foto: Ist]

Dugaan sementara, kambing tersebut dimangsa Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae).

SuaraRiau.id - Warga di Jorong Cubadak Lilin, Nagari Tigo Bala, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) digegerkan dengan kematian misterius kambing milik warga pada Kamis (24/09/2020).

Pemilik hewan ternak kambing tersebut mengaku menemukan banyak ceceran darah di sekitar kandang. Bahkan, tempat bernaungnya hewan ternak tersebut juga rusak.

Dugaan sementara, kambing tersebut dimangsa Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae).

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra mengemukakan, menerima laporan tersebut dari pemilik kambing, Zulven Henri.

"Pemilik melaporkan kepada perangkat nagari, Bhabinkamtibmas dan petugas Polisi Hutan KPHL Agam Raya wilayah Matur," kata Ade kepada Padangkita.com-jaringan Suara.com pada Kamis (24/9/2020).

Kepada BKSDA Agam, Zulven mengetahui peristiwa tersebut pada pagi hari, saat mengecek kambing ternaknya yang sudah tidak ada dalam kandang.

Saat itu, Zulven menemukan banyak ceceran darah di sekitar kandang yang juga sudah rusak.

Penasaran, sang pemilik ternak mengikuti jejak ceceran darah tersebut. Dia pun dibuat kaget saat menemukan kambing ternaknya mati mengenaskan di semak-semak.

"Dia menemukan tubuh kambing dalam kondisi mati dengan luka menganga pada bagian bawah leher. Posisi bangkai kambing ditemukan dalam jarak kurang lebih 50 meter dari kandang," katanya.

Ade memperkirakan, kambing tersebut dimangsa satwa liar jenis Harimau Sumatera. Dugaan ini diperkuat, karena kejadian serupa juga pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait