Syamsuar Tanggapi Wacana Bandara SSK II Pekanbaru Bukan Bandara Internasional

Bandara SSK II Pekanbaru merupakan salah satu bandara internasional di Indonesia yang memiliki kapasitas 3,5 juta penumpang per tahun.

Eko Faizin
Selasa, 21 Februari 2023 | 19:53 WIB
Syamsuar Tanggapi Wacana Bandara SSK II Pekanbaru Bukan Bandara Internasional
Gubernur Riau Syamsuar. [Ist/mediacenter riau]

SuaraRiau.id - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diwacanakan tak lagi menjadi bandara internasional, melainkan akan menjadi bandara domestik.

Menyikapi rencana pemerintah tersebut, Gubernur Riau Syamsuar buka suara. Orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning tersebut meminta pemerintah mendukung Bandara SSK II Pekanbaru menjadi bandara internasional.

"SSK II sebagai bandara internasional telah memenuhi syarat antara lain dilengkapi dengan fasilitas Bea dan Cukai dan imigrasi untuk menangani penerbangan internasional menuju dan dari negara lainnya," kata Gubernur Syamsuar dalam keterangannya, Selasa (21/2/2023).

Syamsuar mengungkapkan, permintaan yang tertuang dalam surat bernomor 550/DPHB/1346 tersebut terkait meminta dukungan agar Bandara SSK II tetap menjadi Bandara Internasional.

Menurutnya, Bandara SSK II Pekanbaru merupakan salah satu bandara internasional di Indonesia yang memiliki kapasitas 3,5 juta penumpang per tahun.

Bahkan, dalam rangka peningkatan pelayanan transportasi udara di Riau, saat ini Bandara SSK II Pekanbaru sedang melakukan pengembangan terminal penumpang yang dapat menampung 5 juta penumpang/tahun termasuk di dalamnya perluasan terminal internasional.

"Kami di daerah, pemerintah kabupaten/kota dan Pemprov Riau, berharap agar Bandara SSK II Pekanbaru dapat tetap sebagai bandara internasional di Provinsi Riau untuk perjalanan luar negeri," sebut Syamsuar.

"Keinginan ini cukup kuat karena mempertimbangkan antara lain sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 166 Tahun 2019 tentang tatanan kebandarudaraan nasional, bahwa bandara SSK II Pekanbaru berperan sebagai simpul, dan gerbang ekonomi," sambungnya.

Selain itu sebagai alih moda transportasi, perindustrian, perdagangan/pariwisata, wawasan nusantara dan mempunyai fungsi pemerintahan dan pengusahaan serta penggunaan Internasional dan domestik dengan hirarki pengumpul skala pelayanan sekunder.

Bahkan posisi geografis Riau yang strategis berada di tengah-tengah Pulau Sumatera yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura serta memiliki kultur melayu dalam melakukan kegiatan perdagangan dan pekerja yang telah berlangsung secara turun temurun.

"Faktor lain yang mendukung Bandara SSK II sebagai bandara internasional adalah pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau terus berlanjut sejalan dengan perekonomian makin baik dan aktifitas perekonomian domestik terkait pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada 2021 sebesar 3,36 persen meningkat menjadi 4,75 persen pada 2022," katanya.

Selain itu Provinsi Riau berkontribusi sebesar 5,12 persen terhadap perekonomian nasional, sekaligus merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-6 di Indonesia atau PDRB terbesar kedua di luar Pulau Jawa.

Pemprov Riau mendorong sasaran indikator makro dalam mempercepat pemulihan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional dengan faktor pendorong, yakni daya beli masyarakat diperkirakan akan meningkat pasca pandemi Covid-19 sehingga berdampak pada meningkatnya konsumsi masyarakat.

"Investasi juga terus tumbuh dengan adanya pengembangan Kawasan Industri Dumai dan pembangun infrastruktur jalan tol, serta Provinsi Riau merupakan Provinsi dengan realisasi investasi terbesar ke-5 di Indonesia atau realisasi investasi terbesar di Pulau Sumatera," ucap Syamsuar.

Untuk operasional Bandara Sultan Syarif Kasim II, diantaranya meliputi total rute destinasi yaitu Kuala Lumpur, Melaka dan Singapura atau mencapai 75 persen dibandingkan izin rute yang telah terbit.

Maskapai yang telah malayani penerbangan reguler diantaranya Batik Air Malaysia (Malindo), Scoot Tiger Alrways, Malaysia Airlines, Air Asia Malaysia dan Citilink Indonesia.

"Tingkat keterisian penumpang Internasional secara kesefuruhan adalah sebesar 90 persen dibandingkan total kapasitas seat yang disediakan oleh maskapal," tegas dia.

Diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan wacana untuk mengurangi jumlah bandara internasional di Indonesia dari 32 bandara menjadi 14-15 bandara, termasuk Bandara Pekanbaru.

Dengan pengurangan bandara internasional tersebut, Erick Thohir ingin meningkatkan pergerakan domestik dan meningkatkan mobilitas perjalanan wisata dalam negeri. (Antara)

Berita Terkait

Kurang lebih 6.508 jemaah haji Indonesia 2023 gelombang dua dari 17 kloter dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah hari ini.

purwasuka | 15:24 WIB

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

riau | 11:13 WIB

Pertamina jamin Ketersediaan bahan bakar pesawat avtur untuk penerbangan haji Embarkasi Padang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman.

sumbar | 15:39 WIB

Dalam perencanaan, lanjut dia, pembangunannya akan membutuhkan anggaran Rp35 triliun.

riau | 20:51 WIB

Kesaksian Sejarah di Udara: Pesawat Terbesar di Dunia, Airbus A380-800, Mendarat di Indonesia untuk Pertama Kalinya! Jelajahi Dampaknya yang Mengejutkan.

cianjur | 17:29 WIB

News

Terkini

Disebutkan peristiwa pria curi pakaian dalam ini terjadi di Jalan Sidimoro Tenayanraya Pekanbaru.

Lifestyle | 19:30 WIB

Ucapan tersebut dikirimkan oleh sejumlah aktivis dan pribadi pecinta, khususnya anjing.

Lifestyle | 16:05 WIB

Seiring dengan itu, anggota DPRD Riau Mardianto Manan turut menanggapi curhatan anggota Brimob tersebut.

News | 12:14 WIB

Bripka Andry meminta keadilan lantaran dimutasi demosi.

News | 07:42 WIB

Dalam perencanaan, lanjut dia, pembangunannya akan membutuhkan anggaran Rp35 triliun.

News | 20:51 WIB

Kasatlantas Polres Indragiri Hulu AKP Rocky Junasmi membenarkan kejadian tersebut.

News | 19:29 WIB

Kepala Bagian Kemahasiswaan PCR Satria Perdana Arifin membenarkan jika korban tenggelam adalah mahasiswanya.

News | 15:48 WIB

Para warganet yang mengaku menghirup aroma melati di jalanan ini mempertanyakan alasan peristiwa ini terjadi.

Lifestyle | 19:26 WIB

Ia juga mengatakan bahwa Kompol Petrus Hottiner Simamora, Danyon B Pelopor Polda Riau sudah dicopot dari jabatannya.

News | 17:23 WIB

Dirinya mengaku keberatan dengan mutasi tersebut, lantaran dirinya harus mengurus sang ibu yang tengah sakit.

Lifestyle | 14:20 WIB

Menurut Mahyudin, jamaah calon haji Riau 1444 H/2023 M terbang dalam 13 kloter penuh dan 1 kloter gabungan.

News | 17:55 WIB

Pameran re-ART-si sendiri merupakan respons GHN terhadap fenomena kehidupan berkesenian di Riau.

News | 16:45 WIB

Hingga kini, korban belum ditemukan dan masih dalam pencarian Tim SAR gabungan.

News | 15:50 WIB

Penonaktifan tersebut dilakukan oleh Bupati Rohil, Afrizal Sintong usai kejadian penggerebekan.

News | 15:48 WIB

Dua di antaranya masih mengenakan kostum pocong tengah digiring oleh polisi.

Lifestyle | 21:19 WIB
Tampilkan lebih banyak