facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Latin Niat Salat Idul Fitri untuk Imam dan Makmum, Beserta Artinya

Eko Faizin Senin, 02 Mei 2022 | 05:14 WIB

Bacaan Latin Niat Salat Idul Fitri untuk Imam dan Makmum, Beserta Artinya
Ilustrasi Salat Idul Fitri. [Inibalikpapan]

Nah, berikut ini lafal niat salat Idul Fitri secara berjamaah.

SuaraRiau.id - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa Idul Fitri 2022 jatuh pada hari ini Senin (2/5/2022).

Pagi ini seluruh umat Islam akan melaksanakan salat Idul Fitri. Salat sunah yang dilakukan setahun sekali tersebut dianjurkan untuk dilaksanakan berjamaah.

Lantaran setahun sekali, terkadang kita lupa. Nah, berikut ini lafal niat salat Idul Fitri secara berjamaah mengutip laman NUOnline.

Lafal niat yang dibaca oleh imam salat Idul Fitri.

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an imman lillhi ta‘l.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

Lafal niat salat Idul Fitri untuk makmum.

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an ma’mman lillhi ta‘l.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Lafal niat shalat ini dikutip dari pelbagai sumber, yaitu Kitab Irsyadul Anam karya Sayyid Utsman bin Yahya (1822 M-1913 M) dan Perukunan Melayu dengan penyesuaian sejumlah redaksional.

Perihal Hukum Salat Idul Fitri Sendirian
Adapun berikut ini adalah pandangan mazhab Syafi’i perihal pelaksanaan salat Idul Fitri. Pandangan mazhab Syafi’i ini dikutip dari Kitab Nihayatuz Zein karya Syekh M Nawawi Banten.

Artinya, “Jenis kedua dari shalat sunnah yang ditentukan waktunya adalah shalat yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah (shalat dua Id, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha). Shalat Id disyariatkan khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 106).

Lafal niat salat Idul Fitri dibaca sebelum takbiratul ihram. Semoga lafal niat salat Idul Fitri membantu kekhusyukan kita dalam menata niat salat Idul Fitri di dalam hati.

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin ya...

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait