alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Praktik Jual Beli Kursi Siswa PPDB, Wali Kota Firdaus: Jangan Tergiur

Eko Faizin Jum'at, 25 Juni 2021 | 11:23 WIB

Praktik Jual Beli Kursi Siswa PPDB, Wali Kota Firdaus: Jangan Tergiur
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. [Dok Riauonline]

Firdaus mengingatkan kepada orangtua calon peserta didik untuk tak tergiur dengan tawaran itu.

SuaraRiau.id - Memasuki tahun ajaran baru, Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2021 sudah dimulai di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk PPDB Pekanbaru.

Terkait penerimaan siswa baru, Wali Kota Pekanbaru Firdaus menegaskan agar sekolah tidak membuka praktek jual beli kursi pada PPDB tahun ini.

Firdaus mengingatkan kepada orangtua calon peserta didik untuk tak tergiur dengan tawaran itu. Imbauan ini menyikapi kondisi daya tampung SMP Negeri di Kota Pekanbaru yang terbatas.

Daya tampung SMP negeri di Kota Pekanbaru tahun ini hanya 9.120 orang. Jumlah ini kurang dari setengah lulusan SD di Kota Pekanbaru tahun 2021. Ada 12.880 orang yang kemungkinan tidak tertampung di SMP negeri.

"Jangan tergiur bujukan yang membuka praktek jual beli kursi di sekolah," tegasnya dilansir dari Riauonline.co.id--jaringan Suara.com, Kamis 24 Juni 2021.

Firdaus tidak menampik daya tampung sekolah negeri di Kota Pekanbaru tidak mencukupi. Ia menyebut nantinya tidak semua peserta didik bisa masuk sekolah negeri.

"Karena tidak cukup, bisa belajar di swasta saja. Terutama bagi orang tua yang mampu dari segi ekonomi," jelasnya.

Ia mengatakan, kini banyak sekolah swasta yang berkualitas. Keberadaannya bisa menampung peserta didik yang tidak tertampung di sekolah negeri.

"Kalau seratus persen peserta didik di sekolah negeri memang tidak bisa. Maka ada sekolah swasta, apalagi banyak sekolah swasta yang unggulan," ujarnya.

Komentar

Berita Terkait