alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tengah Malam Mendadak Lapar? Perhatikan 2 Jenis Makanan Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah Kamis, 25 Februari 2021 | 21:50 WIB

Tengah Malam Mendadak Lapar? Perhatikan 2 Jenis Makanan Ini
Ilustrasi sereal. (shutterstock)

Makanan apa yang aman dikonsumsi saat mendadak lapar tengah malam?

SuaraRiau.id - Tiba-tiba merasa lapar di tengah malam bisa dibilang sangat sering terjadi. Anda sudah makan malam, tapi masih saja merasa lapar di waktu larut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Misalnya, makanan yang dimakan siang harinya, kapan waktu makan, serta seberapa sering Anda makan.

"Begitu banyak faktor yang bisa berperan di sini, tapi yang paling sering saya ketahui adalah perubahan aktivitas fisik," ungkap Jaclyn London, ahli diet dan kepala nutrisi dan kebugaran untuk WW.

Selain itu, makan makanan yang tak memuaskan juga bisa menyebabkan kelaparan di malam hari. London mengatakan, konsumsi makanan mengandung protein dan serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan menjaga tingkat energi sepanjang hari.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Usus, Yuk Ikuti 5 Pola Makan Berikut

Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)
Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

Anda mungkin tak akan memikirkan seberapa sehat camilan yang bakal dikonsumsi ketika tengah malam karena lebih menginginkan apa yang akan membuat kenyang.

Dilansir dari Cnet, berikut dua kelompok makanan yang perlu diperhatikan saat terbangun karena lapar di tengah malam:

1. Pilih camilan rendah lemak dan mengandung sedikit karbohidrat serta protein

London mengatakan, "Saya akan merekomendasikan memilih camilan yang rendah lemak dan menyediakan beberapa karbohidrat dan protein."

Sereal gandum utuh (tanpa pemanis) dengan susu, yogurt tanpa lemak atau rendah lemak, atau secangkir teh dicampur susu juga direkomendasikan.

Baca Juga: Cardi B Rajin Pamer Makanan Khas Indonesia, Publik Curiga 'B' nya Badriah

Makan terlalu banyak lemak di tengah malam tidak ideal untuk sistem pencernaan, terlebih jika Anda menderita GERD atau gampang mengalami mulas.

Ilustrasi sup tomat. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi sup tomat. (sumber: Shutterstock)

2. Hindari makanan yang bisa memicu mulas atau masalah pencernaan

"Tergantung pada toleransi tubuh Anda. Saya menyarankan supata tidak mengonsumsi serat sintetis atau gula yang terlalu tinggi, seringnya ditemukan dalam makanan ringan dan diproses (seperti snack bar atau pengganti makanan)," ujar London.

Menurutnya, makanan seperti itu bisa membuat Anda terjaga dan menganggu tidur karena menyebabkan masalah pencernaan.

"Hal lain yang mesti dihindari adalah makanan pedas, makanan berbasis tomat, coklat, peppermint dan jeruk, yang semuanya bisa memicu mulas," imbuh London.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait