alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Pekerjaan Paling Menyehatkan, Salah Satunya PNS!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana Selasa, 01 Desember 2020 | 19:00 WIB

5 Pekerjaan Paling Menyehatkan, Salah Satunya PNS!
Ilustrasi instruktur yoga. (Shutterstock)

Apa saja profesi atau pekerjaan yang menyehatkan baik untuk fisik maupun mental?

SuaraRiau.id - Berbagai profesi atau pekerjaan hadir dengan risikonya masing-masing. Namun ada profesi yang dianggap sehat karena lebih dari sekadar menghindari bahaya, seperti material dan mesin berbahaya. Selain itu, pekerjaan yang sehat ini juga bicara soal kenyaman, kesehatan mental, hingga bayaran yang didapatkan.

"Karyawan membutuhkan rasa hormat, tunjangan, insentif kesehatan, dan kendali atas pekerjaan mereka," kata L. Casey Chosewood, MD, petugas medis senior untuk program Total Worker Health di Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Melansir dari Health, berikut lima profesi paling menyehatkan tak anya untuk fisik namun juga mental, antara lain:

1. Instruktur Kebugaran

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Krisis Pandemi

Pekerjaan ini menawarkan interaksi positif dengan orang lain, kreativitas, dan fleksibilitas. Sayangnya profesi ini biasanya tidak mendapatkan asuransi kesehatan.

2. Insinyur Perangkat Lunak

Menatap komputer sepanjang hari mungkin tampak tidak sehat, tetapi insinyur perangkat disebut menjadi pekerjaan paling menyenangkan.

"Insinyur peragkat lunak biasanya bertempat di banyak tempat kerja paling diminati seperti Google, Intel, perusahaan yang lebih progresif lainnya," kata Dr. Chosewood.

3. Penjual Bunga atau Tanaman

Baca Juga: Penyebab Pasien Covid-19 Gejala Ringan Jadi Fatal dan Berita Kesehatan Lain

Toko bunga atau tanaman menjadi profesi yang menyehatkan dari Monster.com.

"Berada di sekitar tumbuhan dan alam telah terbukti mengurangi stres dan tekanan darah," kata Ahli karir dan keuangan Monster.com, Dona DeZube.

4. Pegawai Pemerintahan

Pegawai pemerintah sering kali memiliki tunjangan yang besar dibandingkan dengan pekerja di sektor swasta, termasuk waktu liburan yang cukup. Mereka juga terjamin asuransi kesehatannya.

Ilustrasi PNS. (ANTARA)
Ilustrasi PNS. (ANTARA)

5. Staf Administrasi

Staf administrasi kantor dan staf pendukung memiliki cedera dan penyakit yang dilaporkan paling sedikit dalam studi University of Georgia pada tahun 2012.

"Tentu ada tingkat kendali yang datang dengan prediktabilitas pekerjaan yang berada di lingkungan kantor, di mana Anda masuk dan pergi pada waktu yang sama setiap hari dan cukup banyak tahu apa yang akan dihadapi setiap hari," kata Dr. Chosewood.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait