Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Sepeda Motor Matik Lebih Hemat, Coba Tips Ini

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Kamis, 01 Oktober 2020 | 06:15 WIB

Ingin Sepeda Motor Matik Lebih Hemat, Coba Tips Ini
Ilustrasi ban motor [Shutterstock]

Berikut adalah tiga tips membuat motor bertransmisi matik lebih hemat. Nomor 3 menitikberatkan pada unsur ban.

SuaraRiau.id - Perkembangan teknologi kendaraan roda dua telah memunculkan sepeda motor transmisi otomatis atau disingkat matik. Jenis tunggangan yang tidak perlu lagi menggunakan persneling untuk melakukan perpindahan gigi. Sehingga pengoperasiannya cukup dengan tekan gas dan rem saja.

Namun, kemudahan ini juga meminta "pengorbanan". Yaitu membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Sehingga pengeluaran untuk bensin pengguna motor matik ikut meningkat.

Dikutip Suara.com, jaringan Suarariau.id, dari WahanaHonda, untuk memastikan motor matik lebih irit bahan bakar, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

1. Servis berkala

  • Motor matik harus dirawat, baik itu penampilan maupun performanya. Perawatan berkala adalah tips agar motor matik irit bensin, dan hal ini biasa dilakukan sekali dalam satu atau dua bulan.
  • Saat motor dibawa ke bengkel, para teknisi akan membersihkan filter angin dan memeriksa sistem pengapian terlebih dahulu. Kedua hal ini akan menjamin bahwa mesin dapat terus bekerja dengan optimal.
  • Selain itu, mengganti oli secara rutin. Fungsi oli adalah mengurangi gesekan pada komponen mesin. Sehingga bagian mesin tidak mudah aus dan bisa dipakai lebih lama. Gunakanlah oli yang sesuai dengan motor, sehingga penggunaan bensin akan menjadi lebih hemat.
10 years challenge Motor Matik [Mobimoto.com].
Contoh motor matik [Mobimoto.com].

2. Bahan bakar beroktan tinggi

  • Bensin merupakan makanan utama kendaraan bermotor. Namun, jika ingin berhemat maka disarankan menggunakan bensin dengan oktan tinggi. Oktan yang tinggi pada bensin mengindikasikan bahwa pembakaran akan lebih baik dibandingkan oktan yang lebih rendah.
  • Biasanya harga menjadi lebih mahal. Jika keuangan terbatas belilah bensin dengan oktan menengah karena harganya lebih murah, dan kemampuan pembakarannya juga cukup baik.

3. Kondisi ban

  • Memeriksa kondisi ban adalah hal mudah. Hanya perlu menekan ban untuk mengetahui apakah tekanan angin sudah perlu ditambah atau tidak.
  • Namun jika ingin menghemat penggunaan bensin, isilah angin ban dengan nitrogen yang biasanya tersedia di SPBU atau pom bensin. Menggunakan nitrogen pada ban motor adalah tips agar motor matik irit bensin karena ban menjadi lebih ringan. Selain itu mesin pengisiannya dilengkapi pengukur tekanan digital, sehingga pengguna tahu tekanan yang optimal pada ban motor matik.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait